Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Dugong Yang Sering Disangka Mirip Duyung

5 Fakta Dugong Yang Sering Disangka Mirip Putri Duyung

Hewan yang sering disangka duyung ini ditemukan mati terdampar di Pulau Kucing, Polman Sulawesi Selatan. akibat kejadian tersebut membuat banyak orang kaget karena bentuk tubuhnya yang katanya mirip dengan putri duyung, namun binatang ini sebenarnya tidaklah seperti duyung.

Apa itu Dugong ?

Dugong dengan nama ilmiah "dugong dugon" adalah binatang mamalia laut yang ukuran tubuhnya sangat besar, panjang tubuh dugong bisa mencapai kurang lebih 3 meter dan mempunyai bobot sebesar 450 Kg. habitatnya berada di perairan dangkal dengan suhu air cukup hangat.

Populasi Dugong

Dugong tersebar sangat luas di perairan tropis maupun subtropis termasuk di kawasan pesisir pantai indonesia, hewan mamalia laut ini sekarang telah dinyatakan rentan punah (vulnerable to extinction) oleh International Union for The Conservation of Nature (IUCN).

Penemuan Dugong Yang Mati Terdampar

Penemuan dugong yang telah mati terdampar di Polewali Mandar membuat sejumlah orang kaget sekaligus takut karena makhluk air ini disangka mirip dengan putri duyung.

5 Fakta Dugong Yang Sering Disangka Mirip Duyung

5 Fakta Dugong Yang Sering Disangka Mirip Duyung

Berikut ini adalah fakta-fakta dari hewan dugong.

1. Habitat Dugong

Dugong dapat ditemui di pesisir pantai yang dangkal samudra hindia dan samudra pasifik dengan suhu air yang hangat. Habitat terbesar dugong juga bisa dijumpai dari negara Afrika sampai Australia.

2. Makanan Dugong

Dugong termasuk jenis hewan herbivora yang suka memakan rumput-rumputan di laut. Lamun (seagrass) merupakan makanan kesukaannya, tumbuhan yang berbunga dan tumbuh disekitaran lingkungan laut yang dangkal.

3. Ukuran Dugong

Hewan mamalia laut satu ini mempunyai ukuran badan yang besar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 3 meter dengan bobot sebesar 450 Kg. Meskipun dugong memiliki tubuh yang besar, tapi dengan bantuan anggota tubuh lain yang unik, memungkinkan dugong bergerak dengan stabil dalam air.

4. Suara Dugong

Bunyi dari suara dugong ini seperti peluit atau burung berkicau dengan nada irama yang unik sebagai cara mereka berkomunikasi dengan sesamanya.

5. Umur Dugong

Makhluk ini mampu bertahan hidup cukup lama namun rentan, umur dugong bisa hidup kurang lebih sampai 70 tahun, karena jumlah populasi yang menurun, dugong termasuk hewan yang dilindungi.

Kesimpulan

Dugong merupakan binatang laut yang hidup diperairan yang dangkal, hewan ini termasuk kedalam ordo Sirenia. Kebanyakan mamalia termasuk hewan karnivora, berbeda dengan dugong yang masuk kedalam kategori hewan herbivora yang suka memakan rumput atau tumbuhan laut "seagrass".

Ryan Dwi Pebiansyah
Ryan Dwi Pebiansyah Sapa gue dengan nama Ryan, saya sorang blogger pemula yang senang melakukan hal-hal baru dan konyol bersama temen blogger gue si nandan

Posting Komentar untuk "5 Fakta Dugong Yang Sering Disangka Mirip Duyung"