Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Youtube Menyembunyikan Jumlah Dislike Video, Pendiri Youtube Tidak Setuju!

Pendiri Youtube Tidak Setuju Jumlah Dislike Video Dihilangkan

Beberapa waktu yang lalu Youtube mengumumkan akan menghapus jumlah dislike dalam vidionya, membuat banyak orang dan pengguna situs berbagi video tersebut tidak setuju atas perubahan yang akan youtube lakukan.

Bukan hanya pengguna youtube saja, Co-founder youtube, Jawed Karim sendiri juga ikut serta dan mengkritik tentang ketidaksetujuan jika youtube menyembunyikan jumlah dislike di videonya.

Siapa itu Jawed Karim ?

Jawed Karim adalah seorang pengusaha internet yang dikenal sebagai pendiri situs Youtube bersama Chard Hurley dan Steve Chen di tahun 2005, Karim pernah membagikan videonya di youtube yang berjudul 'Me at the zoo'

Video pertama yang di upload karim tersebut berisi tentang hewan Gajah yang dimana jumlah views videonya mencapai 202 juta kali di tonton.

Alasan Pendiri Youtube Menyuarakan Kritik

Dari video yang dia unggah tadi, karim langsung menyuarakan kritiknya atas Kebijakan Youtube yang baru. Dia merubah deskripsi pada videonya bersama komentar yang menegaskan bahwa dia menolak dan tidak setuju Youtube menyembunyikan laporan jumlah dislike.

"Kenapa Youtube mengambil keputusan yang tidak disukai banyak orang atau global, ada alasannya, tapi itu bukanlah alasan yang baik dan juga bukan alasan yang akan di ungkap kepada publik" isi dari deskripsi video karim, sesuai dilansir dari The Verge, Kamis tanggal (18/11/2021).

Penjelesan Youtube Terkait Kebijakan Baru

Youtube mengumumkan jumlah dislike akan segera disembunyikan, konten kreator tak lagi melihat laporan tentang orang yang tidak menyukai videonya, untuk melindungi para konten kreator dari stres, bullying komentar negatif dan segala serangan dislike. Para konten kreator pun bisa lebih fokus berkarya.

Cara Melihat Laporan Dislike

Konten kreator masih bisa melihat laporan jumlah dislike mereka secara privasi melalui dashboard Youtube Studio. Namun dari beberapa orang, keputusan menghilangkan jumlah dislike akan membuat sulit mereka, karena laporan indikator tanda kualitas video seperti spam yang youtube sarankan sudah tak ada lagi.

Tidak hanya mengkritik Youtube atas perubahan yang akan diterapkan, karim juga pernah mengkritik kebijakan youtube lainnya di tahun 2013, dimana isi keputusan ditahun tersebut berbunyi pengguna youtube diharuskan memakai akun Google+ jika ingin berkomentar pada vidio yang ada di youtube.

Kita selaku pengguna layanan mereka bagaimana, yang suka dengerin musik, nonton film dan youtuber ? apa kita mensupport dengan kebijakan barunya atau ikut Tidak Setuju dengan perubahan mengenai youtube akan menghapus tombol dislike, hmm sepertinya tombol dislike menjadi kontoversi bagi pengguna dan pembuat konten.

Ryan Dwi Pebiansyah
Ryan Dwi Pebiansyah Sapa gue dengan nama Ryan, saya sorang blogger pemula yang senang melakukan hal-hal baru dan konyol bersama temen blogger gue si nandan

Posting Komentar untuk "Youtube Menyembunyikan Jumlah Dislike Video, Pendiri Youtube Tidak Setuju!"