Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Fakta Hewan Kungkang si Binatang Mamalia Yang Bergerak Lambat

12 Fakta Hewan Kungkang si Binatang Mamalia Yang Bergerak Lambat

Kungkang merupakan binatang mamalia yang ukuran tubuhnya cukup sedang, binatang satu ini sangat unik sekali, karena pergerakannya terkenal lambat. Meskipun bergerak lambat, kungkang ternyata satwa yang mempunyai sifat malas layaknya seekor kucing bahkan lebih suka bermalas-malasan dibandingkan kucing.

Keberadaan hewan kungkang sempat menjadi gambar meme dan tren setelah kepopuleran salah satu film animasi yang berjudul "Zootopia" membuat hewan ini semakin lebih dikenal oleh banyak orang yang memperlihatkan karakter kungkang zootopia yang dijadikan sebuah kartun kungkang yang lucu dan imut.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hewan kungkang langka ini, mari simak penjelasan berikut:

Apa itu Hewan Kungkang?

Kungkang adalah hewan mamalia yang bergerak sangat lambat yang ukuran dan panjang tubuhnya terbilang cukup sedang. Kungkang sendiri termasuk kedalam hewan "Ordo Pilosa" karena kemiripan cakarnya dengan binatang pemakan serangga seperti semut.

Nama lain dari kungkang sendiri ialah Sloth yang berarti 'pemalas' dan untuk kungkang dalam bahasa sunda adalah malas atau kedul, hewan ini bisa kita temukan di negara Amerika bagian tengah dan selatan.

Pepohonan juga merupakan tempat tinggal yang disukai oleh kungkang dan kungkang sendiri digolongkan menjadi 6 (enam) spesies, salah satunya yaitu kungkang raksasa yang besarnya bisa seperti Gajah.

Berikut ini adalah beberapa jenis kungkang
  1. Kungkang Megalonychidae (Kungkang 2 jari)
  2. Kungkang Bradypodidae (Kungkang 3 jari)
Ingat ya, kungkang ini adalah hewan yang ukurannya sebesar monyet, bukan kukang apalagi kungkang sawah atau serangga yang suka hinggap pada dedaunan di rawa-rawa yang sering disebut kungkang bau kalo kata orang sunda, jadi beda ya teman-teman jangan sampai keliru.

Kungkang mempunyai kebiasaan unik lainnya selain dari pergerakannya yang sangat lambat, ada 12 fakta hewan kungkang yang menarik dari binatang lambat ini. Daripada menambah penasaran, yuk simak baik-baik beberapa fakta unik dari hewan lucu satu ini. Supaya kalian lebih nyaman dalam membacanya, penulis juga sudah menyediakan gambar hewan kungkang disetiap daftar fakta-fakta binatang kungkang dibawah ini.


12 Fakta Hewan Kungkang si Binatang Mamalia Yang Bergerak Lambat

1. Kungkang Bergerak Sangat Lambat

Kungkang Bergerak Sangat Lambat

Keunikan kungkang menjadi ciri khas tersendiri dari setiap biatan yangada di dunia, sudah kodratnya kungkang bergerak lambat, karena seperti yang kita ketahui bahwa Tuhan menciptakan beragam makhluk hidup dengan kamampuan dan keunikannya masing-masing.

Pergerakan yang lambat juga membantu kungkang untuk menjaga energi dan stamina mereka, hal ini tentunya sangat membantu dalam menjaga tenaga agar tidak terbuang percuma.


2. Bertahan Hidup dengan Cara Bermalas-malasan

Bertahan Hidup dengan Cara Bermalas-malasan

Mekanisme bertahan hidup kungkang sungguh sangat cerdik, karena dengan pergerakannya yang lambat, membuat kungkang bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar hingga sulit ditemukan oleh predator kungkang.

Sekalipun kungkang ditemukan oleh pemangsanya, kungkang ternyata mampu bergerak sedikit cepat dari biasanya, ini merupakan pertahanan diri kungkang ketika sedang terancam dalam bahaya.


3. Kungkang Penyamar yang Handal

Kungkang Penyamar yang Handal

Kemampuan kungkang untuk mempertahankan dirinya dari serangan pemangsa yaitu dengan melakukan penyamaran atau 'Berkamuflase'. Hal ini sudah umum terjadi pada dunia binatang sebagai bentuk dari pertahanan diri dari predator.

Namun, haiwan kungkang memiliki penyamaran yang sangat unik, tubuhnya yang dibaluti oleh bulu-bulu sedikit basah yang memungkinkan lumut hijau dapat tumbuh dengan baik pada area tubuhnya yang lembab, hal ini sangat berguna sekali untuk menyamarkan keberadaannya pada pohon ditengah hutan tropis dan rumput.

Dengan tubuhnya yang hampir menyatu dengan alam serta pergerakannya yang lambat, membuat kungkang menjadi hewan yang cukup handal dalam berkamuflase hingga membuat sang predator terkecoh oleh penyamarannya.


4. Kehidupan Kungkang di Kelilingi Banyak Ancaman

Kehidupan Kungkang di Kelilingi Banyak Ancaman

Kungkang hidup di alam liar, seperti yang kita tahu bahwa alam liar terdapat banyak hewan buas yang siap menerkam mangsannya. kungkang dengan pergerakannya yang lambat membuat kehidupannya selalu dalam bahaya.

Meskipun kungkang dapat berkamuflase dengan baik pada lingkungannya, akan tetapi predator juga memiliki insting berburu yang sangat tajam. Jadi tidak dapat dipungkiri lagi, lambat laun kungkang dapat menjadi makanan para hewan buas.


5. Makanan Kungkang

Makanan Kungkang

Karena kungkang suka bergantungan di pohon, lalu kungkang makan apa? makanan kesukaan kungkang adalah dedaunan dan buah-buahan dari berbagai pepohonan. Tidak hanya buah kungkang dari spesies lain pun memakan makanan seperti serangga dan tikus.

Kungkang tidak dapat mengonsumsi terlalu banyak makanan, karena proses mencerna makanan membutuhkan waktu yang cukup lama.


6. Metabolisme Pada Tubuh Kungkang Sama Lambat

Metabolisme Pada Tubuh Kungkang Sama Lambat

Proses untuk mencerna makanan yang kungkang makan membutuhkan waktu yang lama tidak heran jika kungkang bergerak lambat, Hal ini disebabkan oleh metabolisme kukang yang sangat rendah atau proses dari pengolahan zat gizi dari makanan yang diserap tubuhnya untuk dijadikan sebuah energi cukup lambat.


7. Keunikan Kungkang Saat Buang Kotoran

Keunikan Kungkang Saat Buang Kotoran

Binatang mengeluarkan kotorannya di mana saja, tetapi berbeda denganku kan saat ingin buang kotoran. Kungkang yang memanjat dan bergelantungan di pohon akan segera turun ke bawah untuk melakukan pembuangan kotoran.

Kebayang nggak sih, ih kita saja manusia kalau perut berkontraksi terus mau buang air besar sangat terburu-buru saat mencari toilet. Lantas kungkang terkenal dengan pergerakannya yang lambat dan saat itu sedang turun dari pohon untuk buang kotoran yang sudah di ujung tanduk, aduh kok bisa ya dia bisa nahan boker lebih lama wkwkwk 😂.


8. Kungkang Lebih Banyak Beristirahat

Kungkang Lebih Banyak Beristirahat

Kungkang merupakan hewan yang aktif di malam hari, dengan kata lain kungkang adalah hewan 'nokturnal', Oleh karena itu kungkang akan sangat aktif bergerak pada saat waktu malam. Di siang harinya lebih banyak tertidur seharian untuk menghemat energi, dikarenakan metabolisme tubuhnya yang sangat rendah membuat kungkang harus memanfaatkan waktu dan tenaganya dalam mencari makanan.


9. Kungkang Jago Berenang

Kungkang Jago Berenang

Seperti yang kita ketahui bahwa Semua binatang mempunyai kelebihan tersendiri, termasuk kukang. Meski bergerak lambat, faktanya kukang mampu berenang dalam air dan kecepatan bergeraknya bisa lebih cepat dibandingkan saat di darat.

Jadi ketika kukang sedang memanjat pohon dan tiba-tiba kungkang terjatuh ke aliran sungai, kungkang cukup mahir dalam berenang di air.


10. Cara Kungkang Melahirkan Anak Sangat Unik

Cara Kungkang Melahirkan Anak Sangat Unik

Untuk mempertahankan keberlangsungan hidup dan populasi spesiesnya, kungkang akan melakukan perkawinan dengan cara memberikan sinyal kepada lawan jenisnya Bahwa saat itu kungkang betina sudah siap dan sedang dalam masa kawin.

Setelah terjadinya perkawinan dan momen terindah upps hahaha 😅, kukang betina akan menjaga anak dalam perutnya sampai anak kukang berumur kurang lebih 5 s/d 6 bulanan.

Proses melahirkan anaknya pun unik sekali, karena kungkang suka bergelantungan di pohon, kukang dapat melahirkan anaknya dengan posisi terbalik.


11. Cengkraman Kungkang Sangat Kuat

Cengkraman Kungkang Sangat Kuat

Kungkang memiliki kuku yang sangat kuat, meskipun dengan tubuhnya yang lumayan cukup besar tetapi kungkang dapat dengan leluasa memanjat pohon tanpa harus takut terjatuh.

Ini dikarenakan beban tubuh kungkang yang tidak terlalu berat ditambah kekuatan cengkramannya sangat kuat untuk memanjat dan bergelantungan di atas pohon.


12. Populasi Kungkang Semakin Menurun

Populasi Kungkang Semakin Menurun

Keberadaan kungkang sekarang ini sangat mengkhawatirkan akibat dari serangan predator, perusakan habitat dan perburuan liar.

Saat ini kungkang dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah, karena jumlah populasi yang kian terus menurun di setiap tahunnya, maka dari itu kungkang termasuk hewan yang dilindungi.


Penutup

Itulah beberapa fakta menarik dari hewan Pemalas yang sudah penulis rangkum menjadi 12 fakta hewan kungkang yang bisa kamu bagikan informasinya kepada banyak orang. Mengingat keberadaan kungkang yang saat ini yang terancam punah.

Semoga populasi kungkang kedepannya menjadi lebih baik dan kita semua ikut serta dalam menjaga dan melindungi semua makhluk hidup serta alam sekitar.

Oh ya teman-teman, harapannya kungkang di Indonesia semoga saja bisa kita temui di kebun-kebun binatang yang ada di Indonesia dan terus saya ingatkan kembali, Jangan sampai keliru lagi ya dengan hewan primata yaitu kukang jelas beda dengan kungkang.

Nandan
Nandan Seorang travel blogger pemula yang senang menghabiskan waktu senggang dengan liburan

Posting Komentar untuk "12 Fakta Hewan Kungkang si Binatang Mamalia Yang Bergerak Lambat"