Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia Kini Sedang Mengembangkan Mesin TurboJet Sendiri

Indonesia Kini Tengah Mengembangkan Mesin TurboJet Sendiri

Indonesia Kini Sedang Mengembangkan Mesin TurboJet Sendiri - Perkembangan teknologi bidang dunia militer indonesia sampai kini masih belum cukup sebanding dengan negara maju lainnya seperti negara Amerika dan negara Rusia.

Namun bukan berarti indonesia tidak mampu menunjukan taringnya untuk menciptakan sebuah peralatan militer untuk keperluan alat tempur dan pesawat, pengembangan mesin turbo jet yang dilakukan oleh Dr. Firman Hartono S.T, M.T, beliau merupakan salah satu dosen di Institut Teknologi Bandung atau ITB.

Kabarnya beliau bisa membuktikan bahwa indonesia sekarang dapat mengembangkan teknologinya sendiri terutama di bidang kemiliteran yaitu teknologi mesin turbojet untuk kebutuhan misil jenis Crush membuat turbojet yang sebenarnya.

Perkembangan Teknologi Militer Indonesia

Perlu kita ketahui bahwa Indonesia sebenarnya tidak kekurangan orang yang kreatif dan smart, tetapi jika karya atau pengembangan ini tidak didukung oleh pemerintah bisa membuat segudang ide dan prestasi dari anak-anak bangsa ini tidak berkembang.

Tetapi semoga pengembangan ini dapat membuat indonesia lebih maju dalam perkembangan teknologi kemiliterannya dan bisa memperkuat pertahanan.

Berbeda sama misil (peluru kendali) balistik yang diluncurkan dengan proyektil parabola dan jarak yang teratas, misil jenis Crush ini adalah misil yang mampu meluncur dengan jarak tempuh sangat cukup jauh untuk meluncur mengejar target.

Tidak hanya jarak tempuhnya saja, misil ini mempunyai kemampuan untuk mengejar target dengan ketinggian hanya kurang lebih 20 meter diatas permukaan laut membuat misil jenis crush bisa menghindari pantauan radar dan menjadikannya sebagai misil yang sangat efektif.

Dengan menggunakan mesin TurboJet yang dikembangkan oleh Doktor Firman Hartanto dinamai mesin turbojet 500n mesin ini merupakan hasil kerjasama dengan rekan-rekan lainnya di berbagai bidang seperti aerodinamika.

Alasan Dr. Firman Hartono S.T, M.T Melakukan Penelitian

Alasan dr. firman harotono melakukan penelitian terhadap mesin misil turbojet karena kriteria pembuatan misil masih tergolong tidak terlau berat, jadi menurut sudut pandang Bpk. Firman perihal peledak dan meledaknya itu suatu hal yang gampang.

Yang akan menjadi sebuah masalah dan perlu perbaikan dan terus itu adalah soal jarak tempuhnya yang harus terus di dorong agar mendapatkan jarak tempuh yang di inginkan dan ini harus dipikirkan matang-matang.

"Material dasar mesin misil mudah dicari di dalam negeri tanpa perlu adanya impor dari luar negeri, kebetulan di indonesia sendiri masih belum dikembangkan. Ujar dokter Firman Hartanto"

Proses Pembuatan dan Peneliatian Mesin TurboJet di Indonesia

Layaknya sebuah perjalanan yang cukup panjang untuk meraih kesuksesan, penelitian inipun telah menghadapi berbagai uji coba serta riset dan membuat mesin membutuhkan waktu yang tidak sedikit sedangkan untuk pembiayaan riset dari pemerintah terbatas.

Membuat masalah silih bergantian periode pemerintah memunculkan birokrasi-birokrasi baru dalam pendanaan riset menjadi sedikit, lebih sulit selain kerjasama dengan berbagai bidang lain penelitian mesin turbojet ini juga bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan dan Keamanan atau 'kemenhan' dalam hal pendanaan.

Tapi sayang Kementerian Pertahanan baru bisa mengusahakan bantuan dana internal untuk keperluan riset ini untuk beberapa tahun mendatang akan tetapi kendala ini tidak sertamerta membuat riset berhenti.

Dr. Firman juga menjelaskan bahwa mesin itu ada keunggulan lain dari mesin turbojet tersebut yang bisa dijadikan bahan penelitian dan dikaji lebih terlebih dahulu seperti efisiensi bahan bakar atau kompresor mesin.

Kalau pendanaan lagi macet seperti ini kita melakukan penelitian berbasis perhitungan dan komputerisasi, soalnya tidak perlu biaya besar.

Perkembangan Mesin TurboJet

Mesin Turbojet 500n yang dikembangkan oleh Dr. Firman Hartanto S.T, M.T sebenarnya adalah mesin turbojet yang cukup sederhana, namun dengan memodifikasi dan melakukan riset lanjutan yang terus dilakukan perbaikan untuk menyempurnakan pada mesin turbojet tersebut.

Pembuatan mesin turbojet yang berkualitas dengan biaya produksi yang rendah menjadi tantangan tersendiri dimasa yang akan datang dan mesin turbojet misil ini diharapkan dapat menciptakan karya teknologi yang lebih besar dari anak-anak bangsa bahwa indonesia dimata dunia tidak bisa dipandang remeh.

Tentunya Dr. Firman mengatakan "kita harus memakai produk anak bangsa atau produk buatan dalam negeri yang dimulai dari keinginan untuk menciptakan karya dalam negeri seperti ini" ucapnya.

Penutup
Seperti yang telah disampaikan tadi, Dr. Firman juga menjelaskan tentang alasannya dia memilih untuk melakukan penelitian dan pengembangan terhadap mesin misil turbojet adalah karena dalam pembuatan misil sendiri masih tergolong relatif tidak terlalu berat.

Semoga kedepannya indonesia dapat lebih banyak menghasilkan perlengkapan militernya sendiri salah satunya pesawat tempur buatan indonesia yang canggih.
Ryan Dwi Pebiansyah
Ryan Dwi Pebiansyah Sapa gue dengan nama Ryan, saya sorang blogger pemula yang senang melakukan hal-hal baru dan konyol bersama temen blogger gue si nandan

Posting Komentar untuk "Indonesia Kini Sedang Mengembangkan Mesin TurboJet Sendiri"